SOSIALISASI DENGAN LOMBA MARS PILKADA DAN KAPATU MBOJO

Tanggal : 28 Mei 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Wawo.Rabu 27 Mei 2015 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima melakukan sosialisasi dengan kegiatan Lomba Mars Pilkada dan Kapatu Mbojo di Paruga Na’E Kec. Wawo Kabupaten Bima, kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan KPU RI, Ketua Devisi Sosialisasi KPU Provinsi NTB, Bupati Bima, Sekretaris  DPRD Kab. Bima, Kepala Dinas Instansi, Ketua dan Anggota KPU Kota Bima, Camat, Muspika dan tokoh masyarakat serta masyarakat di Kecamatan Wawo. Tamu yang menghadiri acara sosialisasi ini disambut dengan tarian selamat datang (tari wura bongi monca) dari Sanggar Tari Desa Maria Kec. Wawo dan untuk KPU RI dan KPU Provinsi dikalungkan dengan selendang songket khas Bima. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi aktif dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015.

Kecamatan Wawo merupakan salah satu kecamatan yang tingkat partisipasi pemilihnya paling tinggi di Kabupaten Bima dalam Pemiu Tahun 2014, oleh karena itu Ketua KPU Kabupaten Bima kembali mengajak masyarakat Wawo untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan partisipasi mereka dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015. Pada kesempatan itu juga Ketua KPU Kab. Bima (Siti Nursusila, S.Ip.,M.Msip)  memberitahukan kepada masyarakat Wawo tentang telah dibentuknya PPK dan PPS yang mempunyai integritas dan independensi yang baik untuk membantu KPU dalam melaksanakan semua tahapan Pilkada.

Ketua Devisi Sosialisasi KPU Provinsi NTB menyatakan bahwa KPU Kabupaten Bima merupakan KPU pertama yang melaksanakan sosialisasi langsung kepada masyarakat. Dalam sambutannya Drs. Agus, M.Si menyampaikan kepada masyarakat Wawo bahwa yang akan menjadi penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 adalah KPU Kabupaten Bima di bantu oleh PPK, PPS, KPPS dan juga PPDP sementara untuk mengawasi tahapan Pemilihan ada Pengawas Pemilu mulai dari Kabupaten sampai Desa. Di Kabupaten ada Panwas Kabupaten, di Kecamatan ada Panwascam, di Desa ada Panwaslap dan di tingkat TPS ada Panwas TPS.

Peserta dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 bisa berasal dari calon perseorangan dengan syarat dukungan minimal 7,5% dari total jumlah penduduk  Kabupaten Bima yang dibuktikan dengan KTP ataupun identitas lainnya, apabila calon Bupati dan Wakil Bupati diusulkan oleh Partai Politik/gabungan Partai Politik yang memperoleh paling sedikit 20% (dua puluh persen) dari jumlah kursi di DPRD atau 25% (dua puluh lima persen) dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu terakhir). Ujarnya

KPU Kabupaten Bima akan menjadi pilot project tentang partisipasi pemilih dalam Pemilu dan menjadi salah satu kabupaten yang terpilh dari 18 Kabupaten/Kota se – Indonesia, hal ini disampaikan oleh KPU RI melalui Pejabat yang mewakili dalam acara ini, hal ini menjadi kebanggaan sendiri bagi KPU Kabupaten Bima dan menjadi motivasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Kabupaten Bima dalam Pemilu.

Dalam sambutannya Pejabat KPU RI menyatakan bahwa masyarakat Kabupaten Bima mempunyai tekad yang kuat dan etos kerja yang tinggi hal ini sesuai dengan nama BIMA yang berarti besar dan kuat.

Bupati Bima dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten I menyatakan masyarakat Wawo adalah masyarakat yang taat dan cinta damai, dan mengajak KPU dan jajarannya untuk menjaga netralitas dan independensi dalam melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 sehingga menghasilkan pemimpin yang bekualitas dan Pemilihan dapat berjalan aman dan sukses.

Kegiatan sosialisasi ini juga diisi dengan pentas seni tradisional Mpaa Panja yang dipentaskan oleh Anggota PPK Wawo dan pemain musik tradisional.

Kegiatan lomba Mars Pilkada dan Kapatu Mbojo bertujuan untuk mengajak kembali masyarakat Kabupaten Bima untuk mencintai seni dan budaya tradisional Bima terutama lagu dan Kapatu Mbojo dan mengajak masyarakat Kabupaten Bima untuk melaksanakan Pilkada secara damai . Pada acara sosialisasi ini peserta lomba Mars Pilkada dan Kapatu Mbojo juga turut tampil menyanyikan karya mereka yang dilombakan. Untuk kategori Lomba Mars Pilkada Kabupaten Bima di juara I dimenangkan oleh A’An Sapoetra, Juara II Akhi Dirman Al-Amin dan Juara III Dudi Arsdianysah. Kategori Lomba Kapatu Mbojo Pilkada Juara I diraih oleh Akhi Dirman Al-Amin (SMAN 1 Madapangga), Juara II Nurhidayat, Juara III A’An Sapoetra dan Juara Harapan I diraih oleh Ramadhan Roziq  Hidayatullah. Untuk mengapresiasi hasil karya pemanang lomba panitia menyediakan hadiah uang tunai puluhan juta rupiah