REKRUITMEN CALON ANGGOTA PANITIA PEMILIHAN KECAMATAN PPK DAN PANTIA PEMUNGUTAN SUARA PEMILIHAN BUPA

Tanggal : 07 Mei 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima dalam menghadapi penyelenggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima melakukan perekrutan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Panitia Pemilihan Kecamatan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tahapan, Proram dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota dan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015 tentang Tata Kerja Komisi Pemilihan Umum, Komsi Pemilihan UmumProvinsi/ Komsi Indenden Pemilihan Aceh dan Komisi Pemilihan Umum/ Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/ Kota, Pembentukan dan Tata Kerja Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota. Dalam penerimaan calon anggota PPK tersebut KPU Kabupaten Bima telah mulai menerima berkas pendaftaran pada tanggal 25 April s/d 4 Mei 2015 yang bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Bima dan untuk Anggota PPS KPU Kabupaten Bima akan menerima dokumen pendaftaran dari Pemerintahan Desa berdasarkan usulan Kepala Desa dan BPD mulai tanggal 6 s/d 8 Mei 2015. Selanjutnya KPU Kabupaten Bima pada Hari Senin tanggal 4 Mei 2015 pukul 16.00 wita resmi menutup pendaftaran calon anggota PPK dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015.

Ketua KPU Kabupaten Bima (Siti Nursusila, S.Ip.,M.MSip) menjelaskan bahwa antusias masyarakat Kabupaten Bima dalam mengikuti seleksi anggota PPK cukup tinggi yang dibuktikan dengan Jumlah peserta yang mendaftar sebagai Calon Anggota PPK sejumlah 254 (dua ratus lima puluh empat) orang dari 18 (delapan belas) kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bima. Calon Anggota PPK yang telah mendaftar, terbanyak di Kecamatan Wawo dan Palibelo sejumlah 24 orang sedangkan paling sedikit di Kecamatan Tambora sejumlah 6 orang. Dari jumlah 254 orang yang mendaftar tersebut KPU Kabupaten Bima akan memeriksa kelengkapan berkas administrasi calon anggota PPK pada hari Rabu Tanggal 5 Mei 2015. Setelah dilakukan pemeriksaan berkas administrasi calon anggota PPK yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi berjumlah 230 (dua ratus tiga puluh orang) sedangkan 24 (dua puluh empat orang) tidak memenuhi syarat. Peserta yang tidak memenuhi syarat ini disebabkan antara lain telah 2 (dua) kali menjabat sebagai anggota PPK, Ijazah tidak di legalisir, Umur kurang dari 25 Tahun, Terlibat Partai Politik dan berdomisili di daerah lain.

Dari 18 (delapan belas) kecamatan yang ada di Kabupaten Bima salah satu Kecamatan yaitu Kecamatan Tambora di lakukan penambahan waktu pendaftaran calon Anggota PPK selama 2 (dua) hari yaitu mulai tanggal 6 -7 Mei 2015. Penambahan waktu pendaftaran khusus Kecamatan Tambora ini Karena setelah di lakukan seleksi administrasi dari 6 (orang) yang mendaftar yang memenuhi syarat hanya 4 (orang) sedangkan anggota PPK berjumlah 5 (Lima) orang. Setelah dilakukan penambahan waktu pendaftaran Calon anggota PPK yang mendaftar sampai dengan hari Kamis pukul 16.00 sejumlah 3 (tiga) orang

Setelah dilakukan verifikasi administrasi oleh KPU Kabupaten Bima pada tahap pertama sejumlah 230 orang dan penambahan waktu khusus untuk PPK Tambora yang lolos verifikasi administrasi sejumlah 3 orang sehingga jumlah calon anggota PPK yang memenuhi syarat sejumlah 233 orang dan berhak mengikuti seleksi tertulis yang di laksanakan pada hari Jum’at tanggal 8 Mei 2015 jam 14.00 s/d 15.30 wita. Diharapkan bagi peserta yang akan mengikuti ujian tertulis untuk dapat mempersiapkan diri semaksimal mungkin sehingga dapat mengikuti seleksi tertulis dengan hasil yang maksimal. Seleksi ujian tertulis ini penting untuk dilakukan untuk mengukur kemampuan dan pengetahuan calon Anggota PPK tentang kepemiluan sehingga dari hasil seleksi ini diharapkan dapat menghasilkan Calon Anggota PPK yang mampu menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dan amanah dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015.