Lipat Surat Suara Mulai Dilakukan, KPU Libatkan 157 Warga

Tanggal : 10 Maret 2019 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

KPU Kabupaten Bima.-

Setelah menerima logistik Pemilu 2019 berupa surat suara Pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan DPD RI dua hari lalu, KPU Kabupaten Bima mulai menyortir dan melipat surat suara, Minggu (10/3) pagi.

Proses sortir dan lipat surat suara ini melibatkan sebanyak 157 masyarakat umum dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bima. Tahapan ini dilakukan di dalam Kantor KPU Kabupaten Bima di Desa Panda Kecamatan Palibelo.

Secara simbolis, kotak suara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Bima disaksikan Bawaslu dan Kepolisian. Dilanjutkan dengan sortir dan lipat oleh masyarakat dengan ketentuan sesuai dengan Standart Operational Prosedur (SOP) yang ditentukan KPU Kabupaten Bima.

Surat suara yang pertama kali dilipat yaitu surat suara Presiden dan Wakil Presiden dengan jumlah 187 kotak dengan cara membuka surat suara kemudian menyortir mana yang kondisi baik dan rusak lalu dilipat.

Koordinator Pelipatan Surat Suara Juni Nurul Imawati, S.Sos mengingatkan kepada tenaga pelipat dan sortir agar betul-betul menyortir surat suara dengan kategori baik dan rusak.

Tentu saja kata dia, sesuai dengan tata cara pelipatan yang diatur oleh KPU Kabupaten Bima yaitu diikat 25 lembar dan dirapikan kembali dalam dusnya masing-masing.

"Pelipatan ini benar-benar diawasi oleh petugas agar pelipatan berjalan sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Juni yang juga Kasubag Umum KPU Kabupaten Bima. (Hupmas.02)