KPU PROVINSI MONITORING VERFIKASI FAKTUAL DUKUNGAN CALON PERSEORANGAN

Tanggal : 27 Juni 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Panda. Setelah KPU Kab. Bima menyerahkan syarat dukungan Calon Perseorangan ke PPS melalui PPK pada Tanggal 21 Juni 2015 lalu, maka sesuai jadwal PPS mulai melakukan verifikasi administrasi dan faktual dukungan mulai tanggal 23 Juni - 6 Juli 2015.

KPU Provinsi NTB melakukan monitoring kesemua Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada, di Kabupaten Bima monitoring ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU, Sekretaris, Kasubag dan stafnya dan didampingi oleh seluruh komisioner, Kasubag Hukum, Kasubag Teknis dan staf KPU Kabupaten Bima. Tim monitoring ini mengunjungi PPS dan pendukung di Desa Panda Kec. Palibelo dan Desa Talabiu Kecamatan Woha Kab. Bima.

Menurut Ketua KPU Provinsi NTB, anggota PPS sudah bekerja dengan baik dan sesuai aturan. Selain untuk memantau verifikasi,  baik administrasi/faktual kedatangan mereka sekaligus mengidentivikasi berbagai persoalan yang bisa saja muncul sehingga persoalan yang dihadapi dapat segera diselesaikan.

"Seperti persoalan teknis dan juga masalah Pilkades serentak yang sebelumnya direncanakan dilaksanakan tahun 2015, tetapi untuk menjaga keamanan maka Pilkades tersebut diundur tahun 2016 sehingga pihak keamanan dapat berkonsentrasi penuh dalam menjaga pelaksanaan Pilkada serentak. Kita sudah fasilitasi dan sampai saat ini sudah tidak ada masalah lagi. Persoalan seperti ini yang coba kita gali, agar Pemilukada bisa berjalan sukses, aman dan jujur" ujarnya.

Dikatakan, KPU Kabupaten Bima sudah sangat baik dalam menata pelaksanaan Pemilukada 9 Desember mendatang. Itu dibuktikan dengan intensitas koordinasi yang terus dibangun, baik dengan pemerintah daerah, Panwaslu, Parpol maupun media. "Tadi juga mereka menggelar rakor dengan Pemda," terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Bima Siti Nursusila, S.Ip.,M.Msip mengaku, anggota PPS sejauh ini sudah melakukan verifikasi faktual. Sejumlah PPS melakukan verifikasi faktual kebenaran dukungan ke rumah warga pemilik KTP dalam formulir dukungan kepada bakal calon perseorangan Khayir dan Hamid. "Ini akan berlangsung selama 14 hari," pungkasnya.

Menurut PPS Panda, dari 229 orang pendukung setiap hari PPS dapat melakukan verifikasi faktual minimal terhadap  40 orang pendukung yang telah lolos verifikasi adminitrasi dan PPS menargetkan verifikasi faktual dapat selesai pada Tanggal 27 Juni 2015. Dari hasil verifikasi faktual tersebut ada yang menyatakan mendukung dan ada juga mengaku tidak merasa menandatangani/memberi dukungan terhadap calon tersebut.

setelah itu Tim monitoring langsung menuju ke PPS Talabiu Kecamatan Woha untuk melakukan monitoring dan menanyakan kepada PPK dan PPS sudah sejauh mana mereka melakukan verifikasi serta kendala yang dihadapi dalam melakukan verifikasi faktual dukungan. Menurut PPS Talabiu jumlah dukungan di Talabiu 649 orang dan PPS dapat melakukan verifikasi minimal 70 orang pendukung perhari dengan cara membagi tugas setiap Anggota PPS harus melakukan verifikasi minimal terhadap 25 orang.

Menurut PPS kendala yang sering mereka hadapi dalam melakukan verifikasi faktual antara lain adanya keberadaan pendukung yang susah ditemui apalagi saat puasa seperti ini, namun hal ini bisa disiasati oleh PPS dengan mengatur waktu verifkasi faktual yakni pada waktu sore hari menjelang buka puasa.