KPU KABUPATEN BIMA TETAPKAN DAFTAR PEMILIH TETAP PEMILU 2019

Tanggal : 23 Agustus 2018 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Bima, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Akhir (DPSHPA) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap dalam pemilihan Umum Tahun 2019. Kegiatan digelar di aula Hotel Kalaki Beach, Senin (20/8/2018) dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU Kabupaten Bima, Sekretariat KPU Kabupaten Bima, PPK Se- Kabupaten Bima, perwakilan partai politik serta Ketua dan anggota Panwaslu Kabupaten Bima.

“Alhamdulilah dari 18 PPK Kecamatan yang ada di Kabupaten Bima seluruhnya telah melakukan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara Perbaikan Akhir (DPSHPA) yang dihadiri oleh Panwascam dan pengurus parpol yang ada di masing-masing kecamatan,”kata komisioner KPU Kabupaten Bima Yudi Chandra Nan Arif.

Sebelum penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU Kabupaten Bima bersama dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se- Kabupaten Bima telah berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki data pemilih dengan mencoret pemilih yang belum memenuhi syarat dan memasukan pemilih dalam daftar pemilih apabila pemilih tersebut sudah memenuhi syarat dan belum terdaftar dalam daftar pemilih,”ujarnya.

Daftar Pemilih Tetap sebagai sarana untuk melayani pengguna hak pilih dan sangat berkaitan dengan hasil pemilu /pemilihan. Daftar Pemilih Tetap (DPT) berdampak langsung terhadap perencanaan kebutuhan logistik pemilu 2019 seperti surat suara  

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Bima Yuddin Chandra Nan Arif, SH.,MH menyampaikan bahwa rapat pleno terbuka penetapan rekapitulasi ini merupakan rangkaian kerja pemilu 2019 dan rapat ini juga untuk menerima masukan dari berbagai pihak sebelum penetapan DPT. Masing-masing PPK memaparkan  Daftar Pemilih Sementara Perbaikan Akhir (DPSHPA) untuk diteliti kembali sebelum ditetapkan menjadi DPT.

Bardasarkan hasil rapat pleno terbuka yang telah dilakukan maka ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilu serentak tahun 2019 di Kabupaten Bima sejumlah 363.114 dan dari DPT yang telah di tetapkan tersebut terdapat 1.141 pemilih yang di coret karena belum melakukan perekaman KTP elektronik.” pangkasnya

Pengumuman DPT pemilu serentak tahun 2019 kepada masyarakat mulai tanggal 28 Agustus 2018 s/d 17 April 2019 melalui papan pengumuman yang akan di tempelkan di masing-masing Desa di Kabupaten Bima oleh PPS dan website KPU Kabupaten Bima melalui laman kpu_kab_bima@yahoo.co.id.

Dari pengumuman DPT ini diminta kepada masyarakat untuk dapat melihat dan mengecek namanya dalam daftar pemilih tetap. Apabila masyarakat belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap maka masyarakat tersebut dapat ikut memilih pada pemilu 2019 sepanjang pemilih tersebut dapat menunjukan KTP-E miliknya pada saat pemungutan suara hari rabu tanggal 17 April 2019 di TPS sesuai dengan alamat yang ada dalam KTP-E.