KPU Kabupaten Bima Terima Syarat Dukungan Bakal Calon Peserorangan

Tanggal : 20 Februari 2020 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bima melalui jalur perseorangan Ruslan H. Ismail dan Syarimin Puasa menyerahkan dokumen syarat dukungan di KPU Kabupaten Bima, Rabu (19/02).

Saat menyerahkan dokumen syarat dukungan itu, bakal pasangan calon tersebut didampingi oleh tim penghubung dan sejumlah simpatisan.

Penyerahan berkas syarat dukungan diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bima Imran, yang kemudian langsung diperiksa oleh tim yang dipimpin oleh Kasubag Teknis Ilham.

dalam prosesnya Bawaslu Kabupaten Bima juga ikut menyaksikan dan memantau pemeriksaan berkas tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan KPU Kabupaten Bima mengembalikan Dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Bima Ruslan H. Ismail dan Syarimin Puasa Untuk diperbaiki.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Bima Imran, “Setelah kami cek diketahui dokumen yang diajukan belum lengkap.

“Dokumen B 2 atau rekap tingkat kecamatannya belum ada,” ujar Imran.

selain itu, dokumen syarat dukungan yang diajukan oleh bakal pasangan calon tersebut tidak teratur. Seperti penyusunan dokumen antara B 1 dan B 1.1 tidak singkron, imbuhnya

ia menjelaskan , sesuai aturan ada 3 jenis dokumen syarat dukungan yang diajukan. yakni B 1, B 1.1 dan B 2. B 1 merupakan pernyataan dukungan, B 1.1 rekapan per desa, dan B 2 merupanan rekapan per kecamatan.

“Dokumen kami kembalikan untuk diperbaiki,”jelasnya.

Imran menyampaikan, jumlah dokumen syarat dukungan yang diajukan oleh bakal pasangan calon itu sudah memenuhi standard syarat jumlah dukungan minimal. begitu juga dengan sebarannya.

“Jumlah dukungan sebanyak 36 ribu lebih, yang tersebar di 18 kecamatan,”bebernya.

Imran menambahkan, yang dilakukan baru bersifat pengecekan jumlah dukungan dan sebaran. Sementara verifikasi administrasi dukungan akan dilakukan jika tahapan itu dinyatakan sudah lengkap, dan sesuai jadwal tahapan yang akan dilakukan pada tanggal 27 Februari  sampai Maret 2020.

“Pengecekan tadi baru menyingkronkan antara data di Silon dengan dokumen syarat dukungan yang dibawa,”pungkasnya.