KPU KABUPATEN BIMA MELAKSANAKAN TES TERTULIS CALON ANGGOTA PANITIA PEMILIHAN KECAMATAN SE KABUP

Tanggal : 10 Mei 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Palibelo. KPU Kabupaten Bima mengumumkan Pendaftaran dan Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 Nomor : 21/Pengumuman-Pilkada/IV/2015, bahwa KPU Kabupaten Bima telah mulai menerima berkas pendaftaran pada tanggal 25 April s/d 4 Mei 2015 yang bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Bima dan untuk Anggota PPS KPU Kabupaten Bima akan menerima dokumen pendaftaran dari Pemerintahan Desa berdasarkan usulan Kepala Desa dan BPD mulai tanggal 6 s/d 8 Mei 2015, dan peserta yang mendaftar sejumlah 254 orang dengan mengantar langsung berkas ke KPU Kabupaten Bima.

Setelah pendaftaran tersebut KPU Kabupaten Bima melakukan penelitian administrasi dan mengeluarkan Pengumuman Nomor : 41/Pengumuman-Pilkada/V/2015 tentang Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota PPK Se- Kabupaten Bima pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015, dari hasil seleksi administrasi calon Anggota PPK yang memenuhi syarat sejumlah 233 Orang dan yang tidak memenuhi syarat 24 orang. Untuk PPK Tambora di berikan penambahan waktu Pendaftaran karena jumlah peserta yang mendaftar 7 orang tetapi setelah dilakukan verifikasi administrasi yang memenuhi syarat administrasi hanya 4 orang . Pada tanggal 7 Mei 2015 jumlah Calon Anggota PPK yang mendaftar 257 orang, penambahan 3 orang tersebut untuk Calon Anggota PPK Tambora. Selanjutnya KPU Kabupaten Bima mengeluarkan pengumuman bagi Calon Anggota PPK yang lulus administrasi untuk mengambil nomor tes tertulis di Kantor KPU Kabupaten Bima.

Sesuai Pasal 28 Ayat 1, 2 dan 3 Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 03 Tahun 2015 bahwa Komisi Pemilihan Umum Kabupaten melaksanakan tes tertulis bagi Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah lulus seleksi administrasi sejumlah 233 orang pada Tanggal 8 Mei 2015 bertempat di SDN Panda Kec. Palibelo Kabupaten Bima mulai pukul 14.00 – 15. 00 Wita.

Kegiatan ini berjalan lancar dan diawasi oleh Pegawai Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima, tes ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tentang Pemilihan Umum yang mencakup tugas, wewenang dan kewajiban PPK, Penelitian Syarat dukungan Pasangan Calon Perseorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara serta pengetahuan kewilayahan.

Tes tertulis ini menggunakan 6 (enam) ruangan kelas dengan kapasitas ruangan masksimal 40 orang peserta dan diawasi oleh 2 orang pengawas pada setiap ruangan yang berasal dari Pegawai Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima, sementara Komisioner melakukan pengawasan secara menyeluruh terhadap proses tes tertulis tersebut.

Pada Tanggal 9 Mei 2015 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima melakukan pemeriksaan lembar jawaban peserta Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mengetahui peserta yang lulus dan tidak lulus tes tertulis dan selanjutnya hasil tes tersebut akan diumumkan di Wewbsite KPU dan Papan Pengumuman serta diinformasikan kepada masing-masing peserta melalui contact person yang diserahkan ke KPU. Bagi Calon Anggota PPK yang lulus tes tertulis akan dilanjutkan dengan seleksi wawancara untuk menentukan 5 orang peserta menjadi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2015.

KPU Kabupaten Bima mengeluarkan Pengumuman Nomor : 53/Pengumuman-Pilkada/V/2015 tentang Pengumuman Hasil Seleksi Terulis Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015, dan bagi peserta yang lulus seleksi tertulis akan mengikuti tes wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-12 Mei 2015 bertempat di Kantor KPU Kabupaten Bima.