KPU KABUPATEN BIMA GELAR KURSUS KEPEMILUAN

Tanggal : 19 Desember 2018 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

KPU Kabupaten Bima – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menyelenggarakan kursus kepemiluan dengan melibatkan berbagai segmen  kelompok masyarakat. Kegiatan yang dilakukan selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 16 - 18 Desember 2018  ini bertempat di Aula Kantor KPU Kabupaten Bima dengan jumlah peserta sebanyak 60 (enam puluh) Orang, Peserta kursus pemiluan itu diharapkan akan menjadi agen-agen sukarelawan demokrasi.

Agen-agen sukarelawan demokrasi yang telah dibentuk oleh KPU Kabupaten Kabupaten Bima berasal dari kalangan pemuda dari berbagai organisasi kemasyarakatan dan berbagai profesi. Sebelum terjun ke masyarakat mereka dibekali materi-materi demokrasi, sistem kepemiluan dan strategi komunikasi serta partisipasi masyarakat dalam kursus kepemiluan tersebut. enam puluh pemuda peserta kursus kepemiluan tersebut dibagi menjadi tiga kelas yang dijadwalkan satu kelas satu hari. Masing-masing kelas mendapatkan materi dari komisioner KPU Kabupaten Bima.

Adapun materi yang diberikan seputar pengenalan tahapan serta pengetahuan dasar tentang pemilu. Bahkan peserta juga dites untuk mengetahui pemahaman terhadap materi yang disampaikan narasumber.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Yuddin Chandra Nan Arif mengatakan “ kegiatan ini  merupakan Program trobosan dari KPU RI, dan diharapkan bisa meningkatkan pemahaman serta partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum 2019 nanti.”

"Dengan demikian, begitu selesai mengikuti kursus, peserta diharapkan bisa nantinya menggetok-ularkan informasi tentang tahapan pemilu sekaligus bisa menjadi mitra dalam bersosialisasi pemilu ke masyarakat," harapnya. 

Tujuan kursus tersebut ialah informasi tentang kepemiluan serta makna demokrasi bisa dilanjutkan ke masyarakat sehingga kualitas demokrasi bisa semakin meningkat.

 

(Idr)