KPU KABUPATEN BIMA GELAR BIMTEK PENYUSUNAN LPSDK PADA PESERTA PEMILU

Tanggal : 17 Desember 2018 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

KPU Kabupaten Bima – Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 tentu tidak bisa dilepaskan dari kampanye. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, kampanye didanai dan menjadi tanggung jawab peserta Pemilu. Peserta Pemilu memiliki kewajiban untuk mencatat, membukukan, mengelola, dan menyusun laporan dana kampanye.

KPU Republik Indonesia sendiri telah membangun sebuah sistem informasi untuk memudahkan peserta Pemilu dalam pembuatan laporan dana kampanye, yakni SIDAKAM (Sistem Informasi Dana Kampanye). Dan untuk mempermudah peserta Pemilu dalam penyusunan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), bertempat di The Camelia Hotel, KPU Kabupaten Bima menyelenggarakan Bimbingan Teknis LPSDK pada minggu (16/12).

Arifudin, Anggota KPU Kabupaten Bima mewakili Ketua KPU Kabupaten Bima pada saat pembukaan acara menyampaikan bahwa  laporan dana kampanye merupakan pembuktian peserta Pemilu kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan laporan dana kampanye memuat sisi informasi dan akuntabilitas. Dua hal inilah yang menentukan sejauh mana peserta Pemilu dapat menyajikan informasi yang transparan dan memenuhi aspek akuntabilitas dalam laporan dana kampanye.

 Laporan dana kampanye sendiri terdiri dari tiga dokumen, yakni Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), serta Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Pada bimtek ini, bertujuan agar seluruh peserta Pemilu memahami bagaimana menyusun LPSDK sesuai dengan ketentuan, serta penyusunan LPSDK melalui aplikasi SIDAKAM. Sebagai narasumber dalam kegiatan adalah Arifudin  selaku Ketua Divisi Hukum KPU Kabupaten Bima bersama Muhamad Waru Anggota KPU Kabupaten Bima Divisi SDM dan Parmas. Selain mendapatkan materi, seluruh peserta bimtek mengaplikasikan secara langsung bagaimana mengoperasikan SIDAKAM dalam penyusunan LPSDK. (idr)