KPU KABUPATEN BIMA GELAR BIMTEK LANJUTAN PEMUNGUTAN, PENGHITUNGAN DAN REKPITULASI PILGUB NTB TAHUN 2

Tanggal : 16 Mei 2018 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Panda_Bima.
Sesuai Tahapan jadwal Program Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa tenggara Barat KPU Kabupaten Bima mengadakan Bimtek Lanjutan yang kedua yang dihadiri oleh 36 anggota PPK di enam kecamatan. Selasa(15/5)


Pemateri Pertama Ketua KPU Yuddin Chandra Nan Arif, SH., MH. Dalam istilahnya Sepele tapi Bermakna dengan kategorisasi pemungutan suara bisa dilaksanakan dengan berulang ulang yaitu Pemungutan suara biasa dan Normal, Pemungutan suara susulan atau ulang, Pemungutan suara paska putusan MK dan
Pemungutan suara susulan dan Lanjutan.
"Penyelenggara harus fokus pada pra pemilihan yaitu mengumumkan hari, tanggal, waktu pemungutan suara serta lokasi dan nomor TPS selambat lambatnya lima hari sebelum hari pencoblosan.

Pas hari pencoblosan KPPS mempersiapkan rapat pemungutan suara, memeriksa DPT dan daftar Paslon Pada Papan Pengumuman, menempatkan Kotak Suara dan kelengkapan Administrasi, mempersilakan dan mengatur pemilih untuk menempati tempat duduk, menerima surat Mandat saksi dan memberikan DPT kepada saksi dan Pengawas TPS.
serta Fungsi monitoring PPK dan pps pada saat hari Pemihan untuk mengecek kekurangan dan kebutuhan pada saat Pemilihan sangat perlu" pungkasnya.

Ditempat yang sama Arifudin ,SH menjelaskan asas Keterbukaan sesuai Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2018 yang berkaitan langsung pada saat hari pemilihan.
"berkaitan dengan pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT masih bisa mengunakan KTP pada saat Pemilihan. pemilih ganda yg mengunakan hak pilih lebih dari satu kali, praktik Politik Uang yang mengakibatkan diskualifikasi pasangan calon. Maka dari itu netralitas Petugas Penyelengara sangat penting untuk mengantisipasi kecurangan yang terjadi pada saat pemilihan." Pungkasnya.

Sehabis materi disampaikan dilanjutkan pemantapan dengan diadakan simulasi biar peseta dapat merasakan langsung bagaimana kejadian yang dilaksanakan pada saat hari pemungutan dan penghitungan suara dan acara berakhir dengan hikmah dan dilanjutkan dihari berikutnya dengan kegitan yang sama.