KPU Kabupaten Bima Dinas DIKPORA tanda tangani MoU

Tanggal : 17 Februari 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima dalam memaksimalkan sosialisasi kepemiluan kepada pemilih pemula di setiap sekolah di Kabupaten Bima melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Bima. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan  Memorandum Of Understanding (MoU) antara KPU Kabupaten Bima dengan Dinas Dikpora Kabupaten Bima. Penandantanganan MoU tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 12 Februari 2015 bertempat di Kantor Dikpora Kabupaten Bima. Dalam kerjasama ini kedua belah pihak sepakat untuk memaksimalkan peran masing-masing dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu, khususnya pemilih pemula. Pada setiap pemilu salah satu segmen utama yang menjadi sasaran KPU Kabupaten Bima dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih adalah pemilih pemula, sehingga MoU dengan Dikpora Kabupaten Bima merupakan langkah yang sangat starategis.

Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Bima mengharapkan kepada Dikpora Kabupaten Bima untuk dapat menyisipkan materi kepemiluan pada mata pelajaran Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn). Dengan menyisipkan materi kepemiluan tersebut siswa dan siswi dapat menambah pengetahuan tentang pentingnya berdemokrasi yang jujur dan adil sehingga mereka dapat menginformasikan kepada teman-temannya, keluarga di lingkungannya akan pentingnya turut berpartisipasi dalam setiap kegiatan kepemiluan dan menjadi pemilih yang cerdas dan berkualitas.

KPU Kabupaten Bima dalam melakukan sosialisasi tentang demokrasi dan kepemiluan kepada sekolah di lingkungan Dikpora Kabupaten Bima mengadakan kegiatan “KPU Goes To School” dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dikpora Kabupaten Bima dan Sekolah yang menjadi tujuan sosialisasi. Koordinasi dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi sekolah dalam melakukan persiapan baik waktu, tempat dan para siswa sebagai peserta sehingga kegiatan sosialisasi tersebut dapat berjalan sesuai harapan bersama guna meningkatkan angka partisipasi pemilih dalam setiap kegiatan pemilihan umum.

Lebih lanjut Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima menyambut baik kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa dalam berdemokrasi khususnya aspek kepemiluan, sehingga meningkatkan partisipasi para siswa sebagai pemilih pemula dalam pemilu. Kepala Dikpora Kabupaten Bima serta seluruh UPT Dikpora yang turut hadir pada saat penandatanganan MoU juga bersedia untuk mendukung KPU Kabupaten Bima dalam melakukan sosialisasi tentang demokrasi dan kepemiluan pada sekolah se-Kabupaten Bima.