KPU KABUPATEN BIMA AJAK PELAJAR UNTUK MENJADI PEMILIH YANG CERDAS

Tanggal : 24 Desember 2014 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Dalam rangka persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah serentak pada tahun 2015, Panwaslu Kabupaten Bima mengadakan kegiatan Penguatan Jaringan Kepengawasan Dalam Rangka Persiapan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bima pada Tahun 2015 yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 23 Desember 2014 bertempat di Aula SMAN 2 Woha Kabupaten Bima. Kegiatan tersebut di hadiri oleh 500 (lima Ratus) orang dari 5 (lima) SMU dalam wilayah Kabupaten Bima yang menjadi nara sumber dalam kegiatan tersebut Nursusilawati, S.Ip., MMSip (Ketua KPU Kabupaten Bima) dan Sukarman, SH (Ketua Panwaslu Kabupaten Bima). Dalam Kegiatan tersebut Nursusilawati, S.Ip., MMSip (Ketua KPU Kabupaten Bima) mengajak seluruh peserta yang hadir untuk menjadi pemilih yang cerdas, berkualitas dan taat aturan serta mengajak masyarakat lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2015

Walaupun Pilkada Kabupaten Bima baru akan dilaksanakan pada tahun depan namun berbagai persiapan telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Bima, tentunya persiapan yang dilakukan adalah sesuai dengan Peratutan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPU) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Selain persiapan untuk memastikan anggaran ditetapkan dalam APBD Kabupaten Bima juga KPU Kabupaten Bima giat melakukan pendidikan pemilih terutama pada pendidikan pemilih pemula. Seperti kemarin yang dilakukan oleh Ketua KPU kabupaten Bima dihadapan ratusan pelajar SMU di Aula SMA 2 Woha dalam acara penguatan jaringan pengawasan yang diadakan oleh panwaslu Kabupaten Bima .

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nur Susilawati Sip.,M.MSip dihadapan ratusan siswa dari berbagai SMU di Kabupaten Bima yang berkumpul di Aula SMU 2 Woha menjelaskan bahwa pada tanggal 9 Agustus Tahun 2015 nanti masa jabatan Bupati Bima akan berakhir dan sesuai dengan ketentuan undang-undang bahwa Kepala Daerah itu dipilih dalam 5 (lima) tahun sekali.

Dijelaskan juga pada tahun 2015 nanti di Provinsi Nusa Tenggara Barat ada 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada yakni Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara dan Kota Mataram. Insya Allah ketujuh Kabupaten Kota tersebut pada tahun 2015 akan melaksanakan pilkada secara langsung dan serentak .

Pada Pilkada tahun 2015 nanti ada beberapa hal yang berbeda dengan pemilihan Kepala Daerah kita pada tahun 2005 dan 2010, misalnya dulu kita memilih Bupati dalam satu paket dengan Wakil Bupati akan tetapi pada tahun 2015 nanti sesuai Perpu Nomor 1 tahun 2014 kita hanya memilih Bupati saja sedangkan Wakil Bupatinya akan ditentukan setelah dilantiknya Bupati terpilih dan karena penduduk Kabupaten Bima berjumlah diatas 300,000 jiwa maka Insya Allah nanti Wakil Bupati kita akan berjumlah 2 (dua) orang.

Selain menjelaskan tentang Pilkada Kabupaten Bima yang akan dihelat pada tahun 2015, Ketua KPU Kabupaten Bima juga mengajak siswa- siswi tersebut untuk menjadi pemilih cerdas, berkualitas dan taat aturan Karena peran pemilih pemula merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas.

Lebih lanjut Ketua KPU Kabupaten Bima menyampaikan Selama ini setiap pemilihan apapun di Kabupaten Bima selalu diwarnai dengan keributan antar pendukung terhadap hal tersebut harus kita hilangkan, kita mesti malu, masa kita harus dikenal sebagai daerah yang rawan konflik, mulai saat ini mari kita sama-sama merubah imeg Bima yang rawan kopnflik dengan menjadi Bima yang bermartabat yang saling menyayangi antara sesama, dalam demokrasi berbeda pilihan itu adalah wajar "masa lalu biarlah masa lalu jangan kau ulangi karena masa depan adalah milik kita” dan ungkapan itu disambut tepuk tangan yang meriah dari anak-anak ABG tersebut.

Ketua KPU Kabupaten Bima menyatakan bahwa Pilkada dengan hasil yang berkualitas tidak akan terwujud tanpa peran aktif adik-adik sebagai pemilih,tentunya pemilih yang cerdas ,pemilih yang bertangungjawab terhadap pilihanya. Pemilih cerdas Yess ,pemilih taat aturan Yess dan money politic NO.

Dalam acara tersebut antusias siswa sangat luar biasa, pada sesi tanya jawab banyak sekali pertanyaan dari siswa bahkan sampai diakhir acara ada beberapa siswa yang mengusulkan dan minta ijin kepada Ketua KPU untuk datang khusus ke Kantor KPU kabupaten Bima untuk belajar mengenai pemilu.