KPU GELAR LAUNCHING PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BIMA TAHUN 2015

Tanggal : 04 Mei 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Kabupaten Bima sebagai salah satu Kabupaten yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 dari sejumlah 269 (dua ratus enam puluh sembilan ) daerah provinsi dan Kabupaten yang akan melaksanakan pemilihan secara serentak. Dalam rangka mensosialisasikan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bima maka pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2015 KPU bertempat di Lapangan Desa Panda, KPU Kabupaten Bima melaksanakan kegiatan “LAUNCHING PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BIMA TAHUN 2015”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kepada segenap Masyarakat Kabupaten Bima tentang telah di mulainya tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima tersebut akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2015. Dalam kegiatan launcing tersebut turut dihadiri oleh Bupati Bima, Komisioner KPU Provinsi NTB, Unsur Forkominda, ketua dan anggota DPRD Kabupaten Bima, Pimpinan Partai Politik, SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Pimpinan perguruan tinggi di Kabupaten dan Kota Bima dan panwaslu Kabupaten Bima serta tokoh-tokoh masyarakat lainnya. Kegiatan ini penting dilaksanakan agar seluruh masyarakat Kabupaten Bima dapat saling mengingatkan bahwa pada hari rabu tanggal 9 Desember 2015 akan dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima. Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemukulan gong sebanyak 9 (sembilan) kali dan pelepasan Balon ke udara oleh Bupati Bima sebagai tanda telah di mulainya tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015.
Sekretaris KPU Kabupaten Bima (Aidin, SH.,MH) dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat Kabupaten Bima untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2015. Sumber anggaran kegiatan ini berasal dari Dana Hibah Pilkada Kabupaten Bima Tahun 2015 dengan jumlah undangan yang telah disebarkan berjumlah 400 orang terdiri dari Unsur Pimpinan Daerah, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Unsur Media.

Dalam Sambutannya Ketua KPU Kabupaten Bima (Siti Nursusila.S.Ip.,M.MSip) mengharapkan agar pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati nantinya berjalan dengan aman dan damai serta sukses, KPU Kabupaten Bima beserta seluruh jajaranya, begitu juga dengan Panwaslu Kabupaten Bima menyatakan siap dan optimis bahwa pelaksanaan tahapan Pemilukada bisa berjalan lancar dan aman. Insya Allah kami akan tetap menjaga martabat kami sebagai penyelenggara yang mengedepankan kemandirian dan independensi. Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati BIma yang akan dilaksanakan serentak merupakan momentum bagi KPU Kabupaten Bima dan masyarakat Kabupaten Bima untuk membuktikan bahwa pelaksanaan pemiliha Bupati dan Wakil Bupati Bima yang dilaksanakan secara langsung oleh rakyat adalah cara terbaik untuk memilih pemimpin secara demokratis karena masyarakat dapat langsung menilai dan memilih pemimpinnya untuk 5 (lima) tahun kedepan yang diharapkan bisa membawa perubahan hidup dan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Kata dia, tidak mungkin seluruh kegiatan penyelenggaraan hajatan demokrasi lima tahunan ini berjalan dengan baik, jika tidak didukung sepenuhnya oleh semua kalangan. Baik itu dari Panwaslu, Aparat Penegak Hukum, Pemerintah lebih-lebih masyarakat Kabupaten Bima.
Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bima juga disampaikan ucapan terimakasih, karena telah menyiapkan anggaran pada APBD dan APBD Perubahan sebanyak Rp. 18 Milyar untuk terlaksananya seluruh kegiatan tersebut, dan akhir kata Ketua KPU Kabupaten Bima berharap Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 berjalan aman dan sejuk adalah harga mati, karena kita adalah Bima yang bermartabat dan cinta damai, ujarnya.
Bupati Bima (H. Syafruddin, S.Pd.,M.Pd) mengapresiasi apa yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Bima dalam berusaha untuk mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015. Berkaitan dengan anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015, pemerintah Kabupaten Bima telah memberikan dana kepada KPU Kabupaten Bima sejumlah 18 (Delapan Belas ) Milyar rupiah dan Naskah Perjanjian Hibah Daerah telah ditandatangani oleh kedua belah pihak sehingga tidak ada lagi alasan bagi KPU Kabupaten Bima untuk menunda pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015. Adapun anggaran tersebut masih dirasakan kurang Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Bima akan menambahkannya dalam Perubahan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah Tahun 2015 (APBD-P) dan semoga pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 dapat berjalan dengan aman dan damai.
Menurut Bupati Bima, keberhasilan penyelenggara bukan hanya tanggungjawab KPU dan Panwaslu saja, tapi seluruh pemangku kepentingan, untuk itu perlu dilakukan koordinasi yang baik dari berbagai pihak. Untuk KPU selamat bekerja untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun ini, ucapnya.
Selanjutnya Komisioner KPU Provinsi memberikan nilai khusus terhadap kesenian yang ditampilkan oleh sanggar Tari Paju Monca kerena apa yang ditampilkan dalam seni bela diri (gantao) yang ditampilkan oleh anak- anak merupakan sesuatu yang berharga bagi para masyarakat dan kandidat yang akan mengikuti pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bima tahun 2015 dimana mereka setelah bertarung dan merekapun berjabat salam sehingga tali persaudaraan tetap selalu terjaga. Dan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Pemilu 2014 dapat menjadi contoh dalam melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015. KPU Kabupaten BIma merupakan salah satu Kabupaten yang sudah siap dengan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 sehingga tidak ada lagi yang perlu di khawatirkan bahwa pemilihan ini akan di tunda. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bima yang telah membantu KPU Kabupaten BIma dalam menyediakan Anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015.