KPU DAN DISDUKCAPIL KOORDINASI DATA PENDUDUK MENGHADAPI PEMILIHAN KEPALA DAERAH

Tanggal : 13 Februari 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Dalam meningkatkan kualitas data pemilih dan mengurangi data ganda menghadapi pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bima melakukan koordinasi awal berkaitan dengan penyediaan data kependudukan sebagai langkah awal dalam menghadapi pemilihan Kepala Daerah. Kegiatan koordinasi tersebut dilaksanakan pada hari rabu tanggal 11 Februari 2015 bertempat di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bima. Koordinasi yang dilaksanakan antara KPU dan Disdukcapil ini merupakan langkah awal dan sangat bermanfaat sehingga Disdukcapil sebagai penyedia data dapat menyiapkan data kependudukan yang lebih akurat dan KPU Sebagai pengguna data untuk kegiatan kepemiluan. Data kependudukan yang valid merupakan data yang sangat di butuhkan oleh KPU Kabupaten Bima dalam menetapkan prosentase dukungan yang harus dipenuhi oleh setiap bakal calon perseorangan yang akan maju sebagai bakal calon Kepala Daerah dan yang lebih penting juga data tersebut akan digunakan dalam pemuktahiran data pemilih sehingga data pemilih hasil pemutakhiran dapat lebih berkualitas.
Ketua KPU Kabupaten Bima (Siti Nursusila, S.IP.,MMSip) dalam rapat koordinasi tersebut mengharapkan kepada Kepala Disdukcapil Kabupaten Bima untuk dapat menyediakan data kependudukan yang lebih akurat sehingga data ganda pada saat pemutakhiran data pemilih dapat di minimalisir dan hilangkan. Dalam memutakhirkan data pemilih dalam pemilihan Kepala Daerah KPU Kabupaten Bima akan menggunakan Data Pemilu terakhir yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 dan di tambah Data pemilih baru yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih sesuai dengan peraturan yang berlaku. Data kependudukan yang valid merupakan data yang di keluarkan oleh Disdukcapil sementara Data Pemilih yang valid adalah data yang di keluarkan oleh KPU. KPU Kabupaten Bima pada saat melakukan koordinasi dengan Disdukcapil juga menyerahkan data DPT terakhir dalam bentuk file exeel yang akan di gunakan sebagai data pembanding.
Selanjutnya ketua dan Anggota KPU Kabupaten Bima menginformasikan bahwa data yang akan di serahkan oleh Disdukcapil kepada KPU Kabupaten Bima nantinya merupakan data yang telah di bersihkan dari data ganda dan di serahkan dalam bentuk harcopy dan soft copy dalam bentuk file exeel sesuai dengan Undang-undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.
Lebih lanjut kepala Disdukcapil (Drs. Sirajuddin, M.Ap) menyambut baik koordinasi awal yang lakukan oleh KPU Kabupaten Bima sehingga Disdukcapil dapat mempersiapkan diri dalam rangka menyediakan data kependudukan yang lebih akurat dan terpercaya dan berjanji akan penyerahan data penduduk dalam bentuk hard copy dan softcopy dalam bentuk file exeel sehingga memudahkan KPU sebagai pengguna data dalam melakukan pemutakhiran data. Jumlah penduduk Kabupaten Bima sesuai dengan data terakhir yang ada di Disdukcapil berjumlah 517 orang dan bila di lihat dari jumlah penduduk tersebut wakil bupati Bima nantinya berjumlah 2 orang sesuai dengan peraturan yang berlaku.