KETUA KPU KABUPATEN BIMA MELANTIK PPK DAN PPS DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI BIMA TAHUN 201

Tanggal : 19 Mei 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Palibelo. Sebelum melaksanakan tugas PPK dan PPS perlu dilantik dan dan diambil sumpahnya oleh Ketua KPU Kabupaten Bima.  Sesuai Surat Keputusan Komisi Pemiliha Umum Kabupaten Bima Nomor : 08/Kpts-Pilkada/KPU-Kab-017.433852/TAHUN 2015 Tanggal 17 Mei 2015 dan Surat Keputusan Komisi Pemiliha Umum Kabupaten Bima Nomor : 09/Kpts-Pilkada/KPU-Kab-017.433852/TAHUN 2015 Tanggal 17 Mei 2015, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima Siti Nursusila, S.Ip.,M.Msip melantik dan mengambil sumpah Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se – Kabupaten Bima sejumlah 90 orang dari 18 Kecamatan dan 573 Orang Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan 191 Desa pada hari Senin Tanggal 18 Mei 2015 dilantik secara bersama bertempat di Halaman Kantor KPU Kabupaten Bima, yang dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Kab. Bima, Bupati Bima, Muspida, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Bima, Kepala Dinas/Instansi, Panwaslu Kab. Bima, Camat se- Kabupaten Bima, KPU dan Kasubag KPU Provinsi  NTB. Selain itu pelantikan ini dihadiri juga oleh seluruh Komisioner KPU Kabupaten Lombok Timur yang melaksanakan kunjungan kerja ke KPU Kabupaten Bima.

Pelantikan dan pengambilan sumpah di Pimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Bima, setelah pengambilan sumpah dilakukan penandatangan Berita Acara Pengambilan Sumpah/Janji Anggota PPS secara simbolis yang diwakili oleh PPS Desa Sambori atas nama Miftahul Jannah, S.Pd dan Berita Acara Pengambilan Sumpah/Janji Anggota PPK juga dilakukan secara simbolis oleh Anggota PPK Soromandi atas nama Junaidin, S.Tp dan disaksikan oleh Bupati Bima yang diwakili Asisten III Setda Bima, Kapolres Bima Kabupaten, Dandim 1608, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima dan Ketua Panwaslu Kabupaten Bima.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Bima Siti Nursusila, S.Ip.,M.Msip menyampaikan kepada seluruh anggota PPK dan PPS yang baru saja dilantik untuk bekerja secara jujur, adil dan sebagai penyelenggara Pemilihan harus menjaga martabat dengan mengedepankan kemandirian dan independensi agar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 dapat berjalan lancar, aman, damai, sejuk dan berintegritas dapat diwujudkan. PPK dan PPS agar bekerja sesuai peraturan yang berlaku dan tidak memihak pada salah satu calon atau golongan agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Ujarnya

Menurut Ketua KPU Kabupaten Bima, pelaksanaan Pemilukada ini menjadi acuan untuk tetap melaksanakan pemilihan langsung jika pelaksanaan pemilu ini muncul konflik, dipastikan pemilihan langsung tidak akan ada lagi. Untuk itu beliau meminta keseriusan dari seluruh penyelenggara Pemilu baik KPU, PPK, PPS maupun pihak lain seperti pihak keamanan, DPRD, Pemerintah Daerah dan Panwaslu untuk membantu KPU demi mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015. Ketua KPU Kab. Bima mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkenan hadir sehingga acara Pelantikan dan Pengambilan sumpah/janji PPK dan PPS se – Kab. Bima dapat berjalan lancar dan sukses.

Sementara itu Bupati Bima dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III setda Bima bahwa penyelenggaraan pemilihan umum secara berkala merupakan suatu kebutuhan mutlak sebagai sarana demokrasi yang menjadikan kedaulatan rakyat sebagai sumber kehidupan bernegara. Proses kedaulatan rakyat ini diawali dengan pemilihan umum yang akan memberikan legitimasi, legalitas dan kredibilitas pemerintahan yang didukung oleh rakyat, semoga Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 ini menghasilkan pemimpin Kabupaten Bima yang dikehendaki oleh masyarakat Kabupaten Bima.

Dalam sambutannya Bupati Bima mengingatkan kepada  PPK dan PPS mempunyai peran yang strategis dalam menentukan suksesnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 sehingga PPK dan PPS harus berperan aktif dalam meningkatkan Partisipasi pemilih  dengan memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyakat oleh karena itu PPK dan PPS harus memiliki pemahaman yang menyeluruh terhadap tugas yang diamanahkan oleh negara, diakhir sambutannya Bupati Bima meminta kepada PPK dan PPS yang baru saja dilantik untuk segera melakukan konsolidasi internal dan melakukan koordinasi dengan semua pihak agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 dapat terlaksana dengan baik.

Anggota PPK  Madapangga Mustafa setelah selesai pelantikan berkata mereka siap menerima amanah menjadi PPK dan akan bekerja secara serius, jujur dan akan tetap menjunjung tingga indepensi dan integritas, dan bertekad mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015. Pungkasnya.

Setelah acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji PPK dan PPS dilanjutkan dengan acara orientasi umum yang disampaikan oleh Kapolres Bima Kabupaten, Panwaslu Kabupaten Bima dan Kepala Kesbanglinmaspol Kabupaten Bima.

Pada kesempatan itu Kapolres mengingatkan kepada PPK dan PPS agar bekerja sesuai aturan yang berlaku agar terhindar dari masalah dengan mengingat sumpah/janji yang sudah diucapkan dan PPK/PPS dapat berkoordinasi dengan jajaran kepolisian yang ada di Kecamatan dan Desa untuk kelancaran tugasnya.

Anggota Panwaslu Kabupaten Bima meminta kepada PPK dan PPS untuk menjalin kerjasama dengan Panwas Kecamatan dan PPL sehingga dapat menjadi mitra yang baik dalam penyelenggaraan pemilihan ini, selain itu pihak penwaslu memberitahukan kepada Anggota PPK dan PPS yang sudah dilantik tetapi mengikuti tes Panwas Kecamatan maka mereka tidak akan diloloskan menjadi anggota Panwas Kecamatan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015.

Kepala Kesbanglimnaspol berharap PPK dan PPS yang terpilih kami berharap dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan baik dan menjaga netralitas sebagai penyelenggara,  karena masalah netralitas seringkali menjadi sorotan baik dari Pasangan Calon maupun dari masyarakat.