HARI PERTAMA PENYERAHAN SYARAT DUKUNGAN CALON KONSULTASI

Tanggal : 12 Juni 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

Panda.  Pada hari ini jam 10.00 Wita Bapak Muhtar H. Amin beserta Tim melakukan konsultasi tentang syarat dukungan untuk calon perserorangan dan diterima oleh Tim KPU yang terdiri dari Komisioner dan Pegawai KPU Kab. Bima di ruangan Aula Kantor KPU Kabupaten Bima. Konsultasi ini dilakukan oleh bakal Calon untuk mengetahui tata cara penyusunan administrasi syarat dukungan dan tata cara pengisian Formulir B1-KWK sesuai Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015.

Menurut Ketua Devisi Hukum KPU Kab. Bima, bahwa Pak Muhtar calon hanya melakukan konsultasi awal tentang pencalonan dan akan menyerahkan syarat dukungan pada Hari Minggu Tanggal 14 Juni 2015 jam 9 pagi. Muhtar H. Amin ini merupakan Bakal Calon Perserorangan yang berasal dari Desa Maria Kecamatan Wawo. Ujarnya.

Bakal Calon Perseorangan Bapak Abdul Khayir, SH.,MH dan timnya pada jam 14.00 Wita juga melakukan konsultasi tentang pengisian Formulir B.1-KWK dan aplikasi pencalonan dan ditemui oleh Komisioner KPU dan Pegawai KPU Kabupaten Bima yang menangani masalah pencalonan dan aplikasi pencalonan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2105.

Pada saat ini calon hanya menyerahkan syarat dukungan dan syarat dukungan yang telah diserahkan telah oleh pasangan calon, KPU melakukan penelitian jumlah minimal dukungan dan analisis dukungan ganda dari tanggal 11-18 Juni 2015 kemudian pada tanggal 19 Juni 2015 disampaikan kepada PPS untuk dilakukan penelitian administrasi dan faktual di tingkat desa. Apabila PPS telah selesai melakukan penelitian maka hasil penelitian tersebut akan di rekapitulasi oleh PPK diwilayah masing-masing dan selenjutnya oleh KPU akan dilakukan rekap di tingkap Kabupaten. Dari hasil penelitian administrasi dan faktual tersebut KPU akan mengeluarkan Formulir Model BA.5-KWK Perseorangan yang berisi tentang Rekapitulasi Dukungan Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima dan calon yang bersangkutan akan mendaftar sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima bersamaan dengan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima yang diusung oleh partai politik pada Tanggal 26 – 28 Juli 2015 dengan melampirkan formulir tersebut. Tuturnya.

Komisioner KPU Yuddin Chandra Nan Arif, SH menyatakan bahwa dari syarat dukungan yang telah disampaikan Pada saat pendaftaran apabila calon tersebut diusung oleh Partai Politik/gabungan partai politik maka harus dilampirkan SK Kepengurusan Partai, SK kesepakatan Gabungan Partai Politik untuk mendukung Calon dan rekomendasi dari DPP masing-masing partai pendukung yang menyatakan bahwa parpol mengusung calon tersebut. Sementara untuk calon perseorangan harus melampirkan Formulir Model BA.5-KWK Perseorangan yang dikeluarkan oleh KPU, ujar Siti Nursusila.

Menurut Ketua KPU Kab. Bima, sampai saat ini sudah ada  bebera orang yang melakukan konsultasi dan ingin mencalonkan diri sebagai calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015 diantaranya Bapak Muhtar H. Amin, Bapak Abdul Khayir, SH.,MH dan H. Mustamin. Mereka melakukan konsultasi tentang aplikasi pencalonan dan hal lain tentang pencalonan kepada Tim Pencalonan KPU Kab. Bima dengan membawa formulir yang sudah mereka kerjakan untuk menghindari kesalahan pada saat penyerahan syarat dukungan.

Apabila Bakal Calon sebagai PNS maka pada saat pendaftaran harus melampirkan fotokopi surat pengunduran diri dan surat keterangan bahwa pengunduran diri telah diterima dan pemberhentiannya sedang dalam proses yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang paling lambat 1 (satu) hari sebelum penetapan calon peserta pemilihan oleh KPU. Katanya