CALON PERSEORANGAN MENYERAHKAN SYARAT DUKUNGAN KE KPU

Tanggal : 22 Juni 2015 - Penulis : Administrator



Atur ukuran font text : A+ A-

KPU. Pasangan Abdul Khayir, SH.,MH dengan Drs. Abdul Hamid, M.Si dengan diiringi kesenian tradisional Hadrah dan ratusan pendukungnya menyerahkan berskas syarat dukungan ke KPU Kabupaten Bima pada tanggal 14 Juni 2015 jam 12.20 Wita, berkas syarat dukungan diangkut dengan menggunakan mobil box dan diterima oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bima beserta seluruh anggota KPU dan Tim penerimaan berkas diruangan aula Kantor KPU Kabupaten Bima.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas oleh Tim KPU Kabupaten Bima, masih terdapat beberapa kekurangan dari berkas syarat dukungan tersebut oleh KPU Kabupaten Bima berkas Pasangan  Abdul Khayir, SH.,MH dengan Drs. Abdul Hamid, M.Si dikembalikan untuk diperbaiki, karena sesuai dengan jadwal maka Pasangan Abdul Khayir, SH.,MH dengan Drs. Abdul Hamid, M.Si masih dapat memperbaiki berkas tersebut sampai tanggal 15 Juni 2015 pukul 14.00 Wita.

Selanjutnya pada tanggal 15 Juni 2015 pukul 11 Wita Pasangan Abdul Khayir, SH.,MH dengan Drs. Abdul Hamid, M.Si kembali menyerahkan berkas syarat dukungan yang telah mereka perbaiki untuk diperiksa kembali oleh Tim KPU Kabupaten Bima untuk mengetahui apakah syarat dukungan tersebut telah memenuhi syarat minimal dukungan, persebaran dukungan dan kesesuaian antara soft copy dan hard copy data dukungan dengan menggunakan formulir Model B.1-KWK Perseorangan dan aplikasi pencalonan.

Dan akhirnya pada pukul 23.00 Wita setelah dilakukan pemeriksaan maka Pasangan Abdul Khayir, SH.,MH dengan Drs. Abdul Hamid, M.Si dinyatakan memenuhi syarat minimal dukungan dengan jumlah pendukung yang diajukan Pasangan Abdul Khayir, SH.,MH dengan Drs. Abdul Hamid, M.Si sejumlah 39.041 orang dan sebaran dukungan di 100% Kecamatan di Kabupaten Bima atau 18 Kecamatan.

Dalam konfrensi Pers Pasangan ini menamakan dirinya Pasangan KH (Khayir-Hamid atau Kuda Hitam), kami merasa terbantu dengan aturan yang ada sehingga kami dapat mengajukan diri sebagai calon perseorangan dan kami minta kepada pers untuk membantu dalam membangun Bima dan mensosialisasikan kami ke masyarakat Kabupaten Bima,

Pada hari terkahir masa penyerahan syarat dukungan, Pasangan Muhtar H.M. Amin dengan Drs. Abdul H. Mutalib menyerahkan syarat dukungan ke KPU Kabupaten Bima pada pukul 14.56 Wita dengan diantar oleh pendukungnya. Pasangan ini diterima oleh komisioner dan tim penerimaan berkas di Aula Kantor KPU Kabupaten Bima dan langsung dilakukan pemeriksaan berkas tersebut oleh tim KPU Kabupaten Bima.

Sementara itu Pasangan Drs. Mustamin dengan Ir. Khairudin M. Ali menyerahkan berkas ke KPU Kabupaten Bima pada pukul 16.00 wita dengan disaksikan oleh Panwaslu Kab. Bima, pihak Polres Bima Kabupaten dan Kesbanglinmaspol Kabupaten Bima.

Pasangan yang mendaftar pada hari terakhir hanya bisa melakukan perbaikan sampai jam 16.00 wita, dan apabila ada kesalahan terhadap berkas yang telah diserahkan ke KPU Kabupaten Bima maka Pasangan tersebut sudah tidak bisa lagi melakukan perbaikan dan dianggap Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Ujar Nursusila.

Setelah dilakukan pemeriksaan Syarat minimal dukungan, sebaran dukungan dan kesesuaian antara soft copy dan hard copy oleh seluruh Tim KPU Kabupaten Bima, maka sesuai Berita Acara Pasangan Muhtar H.M. Amin dengan Drs. Abdul H. Mutalib diketahui bahwa jumlah pendukung yang diajukan calon sejumlah 39.866 orang, sebaran pendukung di 83,33% Kecamatan di Kabupaten Bima dan dokumen dukungan Pasanga tidak sesuai antara softcopy dengan hardcopy sehingga tidak memenuhi syarat dukungan minimal sejumlah 38.954 orang.

Pada saat bersamaan tim Kpu Kabupaten Bima juga melakukan pemeriksaan terhadap berkas Pasangan Drs. Mustamin dengan Ir. Khairudin M. Ali, dan dari pemeriksaan tersebut hasilnya hampir sama dengan Pasangan Muhtar H.M. Amin dengan Drs. Abdul H. Mutalib yaitu Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena jumlah pendukung yang diajukan oleh pasangan ini hanya sejumlah 28.579 orang dengan sebaran pendukung 83,33% Kecamatan di Kabupaten Bima dan tidak sesuai antara softcopy dengan hardcopy. Dari jumlah pendukung yang disampaikan calon tersebut masih terdapat kekurangan sejumlah 10.375 orang dari syarat minimal dukungan yang telah ditentukan oleh KPU Kabupaten Bima.

Pada saat ini KPU Kabupaten Bima melakukan pengesahan terhadap berkas syarat dukungan yang diserahkan oleh calon yang telah memenuhi syarat untuk disarahkan ke PPS dan Pasangan Calon yang bersangkutan, selain itu dilakukan analisis dukungan ganda untuk pasangan tersebut dengan menggunakan aplikasi pencalonan, tetapi walaupun ada dugaan kegandaan pada saat analisis data baru bisa dikatakan Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat  (TMS) setelah PPS melakukan verifikasi faktual terhadap pendukung tersebut. Ujar Ketua KPU Kab. Bima.

Ketua KPU Kabupaten Bima menyatakan bahwa pada tanggal 19 – 22 Juni 2015 KPU akan menyerahkan 1 (satu) eksemplar dokumen syarat dukungan ke PPS melalui PPK dan kemudian PPS akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual terhadap dukungan tersebut mula tanggal 23 Juni – 6 Juli 2015.